Whatsapp, BBM dan aplikasi chatting lainnya  belakangan banyak digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan pesan-pesan tak berguna alias sampah (spam) (Foto:Ilustasi)
Aplikasi chatting seperti WhatsApp contohnya, merupakan sebuah layanan pesan singkat yang sedang melejit belakangan ini. WhatsApp kini tercatat miliki sekitar 900 juta pengguna didunia ini. Dan kini menjadi salah satu aplikasi yang kerap digunakan untuk menjalin berbagai komunikasi secara personal maupun secara group.

Wajar saja jika WhatsApp menjadi salah satu aplikasi mobile chat yang sangat populer. Sifatnya yang multi platform mendukung hal tersebut. Tentu saja, fasilitas ini memberikan nilai tambah yang sangat besar saat Anda berinteraksi dengan banyak orang. Namun, sekali lagi, tetap ada saja kekurangannya.

Sayangnya, meski tengah populer, belakangan marak penggunanya yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan pesan-pesan tak berguna alias sampah (spam). Masalah terbesar dengan WhatsApp ini adalah bahwa pesan "spam" ini sering berasal dari kontak yang dekat dengan Anda dalam kehidupan nyata dan dengan demikian jika kita nekat memblokir kontak tersebut rasanya tidak mungkin, dan mereka akan menganggap kita sombong dan tidak sopan.

Anda memang masih memiliki pilihan lain untuk menonaktifkan atau "Mute" grup WhatsApp agar tidak kita tidak terganggu dengan pemberitahuan yang datangnya ekstrim "nggak kira-kira banyaknya" namun, download gambar masih akan berjalan dan mengambil ruang yang cukup berharga di ponsel Anda alias memori penuh.!

Lain lagi dengan BBM, Kalau bisa menghapus salah satu fitur di Blackberry Messengger, pasti kita sangat ingin menghapus fitur broadcast message. Kalau mau menambah fitur di Blackberry Messenger, pasti kita sangat pengin ada fitur yang bisa menolak kedatangan broadcast message. Pokoknya, apa pun yang berhubungan dengan broadcast, kita selalu berharap agar hal itu nggak ada di sekitar kita.

Dibencinya broadcast bukan tanpa alasan. Contoh kasus yang bikin kita benci sama broadcast adalah, saat kita lagi jauh dari handphone, lalu mendadak ada notifications. Karena takut ada pesan penting, kita langsung bergegas ke handphone kita. Dan setelah dicek, ternyata itu broadcast atau spam. Damn!

Gak cuma contoh kasus itu yang bikin kita kesel setangah mati sama broadcast, yang paling mengesalkan adalah karena isi pesannya yang kadang nggak penting, nggak berguna, ataupun info hoax alias bohongan.

Perlu diketahui, Broadcast itu kan sejatinya adalah alat untuk menyebarkan informasi penting ke banyak orang, dan bisa diterima dalam waktu yang bersamaan. Tujuannya adalah agar orang  banyak bisa mengetahui informasi penting itu dan bisa menyebarkannya ke lebih banyak orang lagi. Tapi kenyataannya gimana? So.. Don't let chat application Makes You Look Stupid!

0 comments:

Posting Komentar

 
ACS Daily © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top