Teknologi VR, menyatukan teknologi dengan pemasaran di sektor properti (Foto:Ilustrasi)


Kemajuan teknologi belakangan ini terus berkembang begitu pesat. Termaksud salah satunya di sektor properti melalui kehadiran alat teknologi Virtual reality (VR) atau realitas maya.

Jika sebelumnya kita harus survey ke lokasi guna membeli atau menyewa rumah. Namun, dalam waktu dekat kita dapat melakukannya tanpa harus berada di lokasi dibangunnya proyek perumahan dengan menggunakan teknologi VR. Teknologi ini diperkirakan akan banyak digunakan oleh pencari properti untuk menemukan properti impian mereka.

Menurut Mart Polman, selaku director portal properti global Lamudi Indonesia, tak lama lagi banyak perusahaan real estate yang akan  menggunakan teknologi inovatif ini dalam pemasarannya.

“Ke depannya nanti Anda akan melihat orang-orang akan bertransisi, dengan melihat properti secara online dari portal properti seperti Lamudi dan melakukan transaksi jual beli dari rumah,” ujar Polman, seperti yang dikutip dari detik.com, Kamis (21/7/2016).

Pasalnya, kata dia, apa yang kita lihat sekarang dengan menggunakan alat VR ini, mereka yang notabenenya para investor akan mendapatkan kesempatan untuk dapat mengetahui informasi mengenai properti yang ingin mereka beli dan kemudian berpikir untuk berinvestasi.

Sayangnya, harga teknologi VR yang tergolong mahal ini menjadi kendala untuk penggunaan sebagian besar perusahaan properti. Sehingga bagi sebagian besar perusahaan properti mengambil foto dengan menggunakan kamera panorama 3D menjadi sebuah langkah logis yang bisa dilakukan saat ini.

“Di masa depan, ketika proyek besar sudah diminati oleh investor maka Anda bisa memberikan jaminan untuk menggunakan VR sebagai bagian dari penjualan,” imbuh Polman.

Sekedar informasi, dengan teknologi  Virtual reality (VR) atau realitas maya maka memungkinkan pengguna untuk dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.

Saat ini, ada dua alat yang telah hadir untuk menyatukan teknologi tersebut dengan pemasaran. Yakni Microsoft HoloLens dan Oculus Rift. kedua perangkat itu mampu membuat konsumen dapat mencari dan membeli properti jadi sangat mudah.

Bahkan dengan teknologi ini, kita pun bisa membeli properti di negara lain tanpa harus repot-repot pergi ke negara yang bersangkutan tanpa harus repot berpindah tempat serta menggeser maket dua dimensi yang biasa dipakai pengembang propert guna menampilkan produknya. (ACS)

0 comments:

Posting Komentar

 
ACS Daily © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top