Komunitas Bogor Reptiles Addicted. (Foto:Istimewa)

ACS -Fisik hewan reptil bagi sebagian orang memang menyeramkan. Namun demikian tidak sedikit pula yang menyukainya, bahkan menjadikannya sebagai binatang peliharaan. Mereka kemudian berkumpul dan membuat sebuah komunitas tertentu sebagai wadah bertukar info seputar binatang melata ini.

Komunitas tersebut antara lain adalah Bogor Reptiles Addicted, yang terbentuk sejak 8 Maret 2014 lalu. Para anggota komunitas ini mengaku bahwa mereka memiliki dasar ataupun hobi yang sama, yaitu memelihara satwa reptil.

Menurut Ryan selaku Ketua Bogor Reptiles Addicted, hewan reptil memang memiliki keunikan yang berbeda daripada hewan lainnya. Mulai dari siklus hidup, makanan yang dikonsumsi, hingga keragaman jenis yang ada dan layak untuk dipelihara.

Ryan juga mengakui bahwa memang tak mudah untuk mengakrabkan hewan ini dengan manusia. Itu karena satwa tersebut masih memiliki insting menggigit. Misalnya ular, bagi mereka yang memelihara reptil jenis ini pasti tidak luput terkena gigitan ular. ”Kalau digigit itu sudah biasa. Untuk itu kita sangat melarang teman – teman memelihara ular yang berbisa,” ujarnya.

Komunitas ini juga sering melakukan banyak kegiatan seperti sosialisasi ke publik tentang keberadaan reptil sebagai binatang yang juga bisa dijadikan sebagai peliharaan, bukan sekadar ancaman.

Menurut mereka lagi, rasa takut akan menyergap lantaran orang tersebut belum begitu mengenal hewan melata tersebut secara dekat. ”Memang awalnya menakutkan, tapi kalau sudah kita pelihara sejak kecil dan telah saling terbiasa, maka hewan ini akan jadi jinak,” tandasnya.

0 comments:

Posting Komentar

 
ACS Daily © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top